Jilbab

Bikin jilbab sendiri? aneh ya? enggak kali ya…
Dari waktu aku masih remaja, aku dah sering bikin jilbab sendiri kemudian menghias tepian jilbab dengan manik-manik.
Bikin jilbab sendiri itu memang tidak menjamin lebih murah daripada klo beli yang sudah jadi…yah tergantung bahan yang kita pilih.
Klo beli, banyak yang lebih murah, tapi kualitasnya belum tentu lebih baik dari pada yang bikin sendiri.
Klo jilbab yang kualitasnya seperti yang aku bikin ini mungkin klo di toko bisa jadi harganya lebih mahal, karena aku pilih bahan2 yang memang bagus. Aku pilih katun paris yang kualitas bagus, yang gak transparant banget. trus manik-maniknya ini juga pakenya jenis bagus, jadi mata nya ga mudah lepas….lha wong untuk dipake sendiri kan…
Enaknya bikin sendiri juga:
Ukurannya bisa dibuat lebih panjang, jadi lebih enak makenya, bisa nutupin dada, atau kalau dilipat dileher itu bisa nyampe depan masih banyak…tapi ini sih selera ya..
klo bikin sendiri, bisa lebih kuat jadi walau dicuci di mesin cuci juga ga gampang jebol, karena jahitannya lebih erat.
karena hasil karya sendiri, bangga donk…
apalagi kegiatan kreatif begini bisa dijadikan hobi, sekedar mengisi waktu senggang atau buat refreshing, supaya tidak jenuh dengan aktifitas sehari-hari.

1.pertama-tama siapkan bahannya:
bahan jilbab
-kain jilbab paris (aku lebih suka beli di toko kain kemudian ke toko jahit untuk neci pinggirannya)
-manik-manik yang akan dipasang (sepanjang pinggiran jilbab yang akan ditampakkan saja…-itu klo digambar, contoh manik-maniknya pendek banget, karena aku nulis ini pas jilbabnya udah jadi, dan itu sisanya:) )
-jarum
-benang
-gunting

2.lekatkan manik-manik ke kain dengan cara dijahit tangan, dijahit di ke-dua sisinya supaya rapat. Kebetulan yang kali ini aku bikin bukan manik-manik yang pecahan satu-satu yang harus dironce dulu. Yang ini tinggal ditempel dengan jahit tangan aja, jadi lebih mudah dan cepat.

memasang manik-manik

Jilbab sudah dipasang accesories

3. sudah jadi:
jilbab sudah jadi

mudah kan…? yuk coba bikin jilbab sendiri..

Tinggalkan Balasan

