Trimester I

Dari hasil tes kehamilan yang kulakukan di internet aku dapet hasil ini:
HPHT: 28 Agustus 2010
Perkiraan pembuahan: Sabtu, 11 September 2010
Akhir Trimester I (12 minggu): Sabtu, 20 November 2010
Tanggal persiapan untuk mulai senam hamil: Sabtu, 15 January 2011
Akhir Trimester II (27 minggu): Sabtu, 5 Maret 2011
Perkiraan tanggal lahir: 4 Juni 2011

Catatan Trimester I:

Tanggal 28 September 2010, using test pack hasilnya: muncul 2 garis sebenarnya tapi, 1 garis pink jelas dan 1 garis pink samaar banget. Tapi aku yakin itu 2, dan klo muncul 2 walaupun samar artinya positif kan?.
Tanggal 29 September 2010, pertama kunjungan ke dokter A di klinik B untuk memastikan kehamilan. Dan dokternya bilang sepertinya sih iya hamil, tapi masih samar banget (di usg) jadi blom bisa mastikan juga. Tapi kok saya test positif dok? Tapi emang 1 garisnya samar sih. Dokternya mungkin lagi males ngomong..cuma diem aja dan bilang yah datang aja lagi 1 atau 2 minggu lagi klo tidak mens. Hasil Usg pun ga di print dan aku tidak dikasih asam folat. Bener2 tidak diperlakukan seperti orang hamil.
Tanggal 13 Oktober balik ke dokter A di klinik B. Hasilnya: Kok ada kista ya? Besar juga ini 5×5 ini.. hmm engga ini 3×5 (diralat sendiri). Dan ini cuma keliahatan kantung kehamilannya saja. Kok bisa ada kista ya dok, sebelum hamil saya periksa di RS dan hasil usgnya saya dalam kondisi baik, rahim nya juga di usg ga ada kista, indung telur juga baik dan saya dinyatakan siap hamil. tapi gak dijawab. cuma bilang…Hmm yah…. gitu tok ga ada penjelasan apapun. Tapi hasil usg di print dan di kasihkan ke aku. Trus dia pesen klo ada flek atau pendarahan langsung ke RS yah. Lalu dia mau menuliskan resep asam folat tapi kutolak halus dengan alasan saya masih punya karena lupa2 terus minumnya. Alasan sebenarnya karena aku dah ga nyaman dengan dokter ini aku mau ke dokter yang lain hari ini juga. (makanya nama dokter dan RS ini kurahasiakan..klo kukasih tau bisa-bisa aku kena tuduhan pencemaran nama baik)
Masih di hari yang sama, tanggal 13 Oktober 2010, mencari second opinion ke RS JIH dengan dr Enny. Kutunjukkan hasil usg dari dr A klinik B. tapi tetep di usg lagi…supaya jelas. Ya di rahimku memang ada kista, tapi menurut dokter dilihat dari cirinya itu kista jinak. Itu kista fungsional, fungsinya untuk menstabilkan hormon, ga apa2 nanti klo dah ada placenta dia bisa hilang sendiri. Mengenai cuma kelihatan kantong kehamilan saja, menurut dokter, ya ini kan baru umur 6 minggu ya emang klo di usg baru kelihatan kantung kehamilan aja, karena janinnya masih keciil banget, klo pingin agak kelihatan ya pake usg transvaginal. Kemudian dijelaskan do and dont nya bumil (kaya kuliah kesehatan, tapi seneng dapet siraman ilmu) and disarankan kunjungan berikutnya umur 12 minggu, sekalian tes ds. Kemudian di berikan resep folavit 1000 mg.
Tanggal 22 November periksa lagi ke dr Enny di RS JIH. Pertama-tama aku di usg luar dulu untuk ngecek umurnya baby berapa? Ternyata bener 12 minggu kemudian di usg transvaginal supaya pemeriksaan lebih jelas soale mau diperiksa ada ds atau tidak. Hasilnya: sang janin alhamdulillah tumbuh dengan baik dan Insyaalah tidak ada ds. Trus kistanya mana? Ga ada lagi, alhamdulillah.. kunjungan berikutnya 4 minggu lagi. Trus diresepin Prenatin DF. Yo wes lah kubeli aja wong aku juga gak yakin apakah asupan giziku dah cukup apa blom.

Sekian laporan Trimester I

Tinggalkan Balasan

