Mengatur Keuangan Keluarga

Dalam keluarga kecil kami, atas kesepakatan bersama diriku dan suami, maka urusan keuangan keluarga aku yang pegang. Sebagai manager keuangan skala rumah tangga, tugasku ya mengatur keuangan rumah tangga… tiap awal bulan kerjaanku bikin budged trus tiap hari aku mencatat semua pemasukan dan pengeluaran kemudian di akhir bulan aku bikin laporan keuangan..
Sebenarnya suamiku tidak menyuruhku demikian, maksudnya cukup aja mengelola uang tanpa perlu dicatat.. tapi aku tidak bisa begitu.. ini uang lho!!! …maksudnya uang itu kan bisa jadi sesuatu hal yang sensitif, banyak orang atau keluarga yang berselisih gara2 uang ini. Makanya aku mengantisipasi kejadian seperti itu supaya tidak sampai terjadi padaku dengan cara menertibkan pencatatan keuangan.. jika suatu saat (siapa tau?) suamiku berubah trus tiba2 nanyain uang yang dia kasih selama ini kemana aja? perasaan dah ngasih banyak tapi kok kurang terus?…walaupun sampai sejauh ini hampir 6 tahun berumahtangga sih blom pernah kejadian begitu.. tapi klo itu sampai terjadi aku siap mempertanggungjawabkannya! …Ceileee bahasanya bu…

Klo ada yang bilang mencatat keuangan itu ribet, kupikir tidak begitu… mungkin belum terbiasa aja karena sebenarnya mudah dan simple kok..
Pertama-tama, meskipun cuma ibu rumah tangga, aku beli buku kecil klo bahasa orang kantoran namanya buku agenda. Karena aku (sekali lagi) cuma ibu rumah tangga jadi ya aku pilih buku yang kecil aja. Dalam buku itulah kuisi identitasku, nomor telepon n alamat penting, kalender, wish list, to do list, dan catatan keuangan rumah tangga.

Satu tahun aku pake satu buku, walaupun pake buku saku yang kecil itu cukup kok untuk satu tahun..

Tiap awal bulan kutuliskan daftar calon pengeluaranku alias budget, dari sini kita jadi kita tau uang yang masuk (pendapatan) rencananya akan kita gunakan untuk apa saja (belanja, bayar sekolah, bayar cicilan, transport, tabungan,dll). Dengan budgeting memudahkan kita untuk mencapai tujuan kita misalnya mau beli rumah, mobil, pergi haji, menabung dana untuk pendidikan anak atau dana untuk pensiun, dll. Dengan budgeting ini kita bisa fokus pada kebutuhan-kebutuhan kita sehingga kita bisa lebih realistis dengan keadaan ekonomi kita, secara tidak langsung ini juga bisa menghindarkan kita dari hutang yang tidak perlu. Dan secara tidak langsung budgeting ini juga bisa menjadi reminder untuk membayar tagihan-tagihan tepat waktu.
Setelah bikin bugdet selanjutnya yang harus kita lakukan adalah membelanjakan uang kita sesuai dengan budget yang kita buat.

Nah bagaimana kita tahu klo budget yang kita buat berjalan sesuai rencana??? yaaa di catet, setiap pengeluaran kita di catat dengan adanya catatan kita bisa mengontrol pengeluaran. Jadi gini…dalam satu hari itu biasanya sore atau malem aku biasa mencatat semua pemasukan & pengeluaranku di hari itu. Ga butuh waktu lama kok, (tapi tergantung banyaknya belanjanya juga) klo aku kan cuma rumah tangga skala ekonomi kecil jadi ya cuma sebentar dan bisa disambi nememani anak main.

Setelah genap 1 bulan, catatan itu dikumpulkan dan dihitung…mungkin ini yang namanya bikin laporan keuangan.. klo aku bikinnya sederhana aja pake program excel…seperti ini.

Nah mudah kan…nanti klo sudah setahun kita bikin kesimpulannya berapa pemasukan per tahun, berapa yang bisa ditabung, berapa hutang, berapa kita habiskan untuk pengeluaran rutin, dll,..(tp ini sih klo sempat..hehehehe)…

Yang terpenting dari yang terpenting adalah kita bisa menikmati hidup kita… jangan kaku…
aku nulis ini juga bukan karena aku ahli keuangan…aku hanya ibu rumah tangga yang belajar mengelola penghasilan rumah tangga kami supaya bisa penghasilan yang diterima bisa cukup, syukur-syukur bisa nabung. itu aja.

salam dari rumah tetangga…

Tinggalkan Balasan

