Pasang AC

Sebenarnya aku ga tahan sama AC dan kipas angin…tapi berhubung kadang jogja tu klo lagi panas itu ya puanas banget-banget ditambah lagi dengan posisi rumah ini yang kebetulan menghadap ke barat jadi yo wes lah klo siang hari rerutama jam 1 – jam 3 hawa panasnya kompak banget menyerang rumahku dari segala arah. rasanya klo di dalam rumah kaya di oven.
Walaupun mulutku mengeluh, sebenarnya tubuhku masih bisa beradaptasi…tapi…lha ini bayi ku nagis mulu klo kepanasan…huaaaaa…klo di bawa di luar baru mau diem, di luar angin semilir jadi mengurangi hawa panasnya…tapi masa mau di luar terus? this nanny still have another job…

Akhirnya kami memutuskan untuk pasang AC, yah walopun terbesit sedikit perasaan bersalah karena ikut berperan merusak lapisan ozon…tapi lha mau gimana lagi??? aku ga pasang AC juga orang-orang semua pada pasang AC. Gedung-gedung hampir semua pake AC, di rumah-rumah orang kaya aja disetiap ruamg pake AC, lha wong aku cuma 1 kok semoga dimaafkan sama alam …

Aku milih AC via internet. ku cari-cari yang katanya orang-orang bagus dan hemat listrik…akhirnya kupilih AC Panasonic Inverter. Review produknya klik disini

Sudah punya gambaran produk yang diinginkan, selanjutnya papa yang mampir toko elektronik sepulang dari kantor. yah pembagian tugas yang adil bukan? hehehe

Dua hari AC baru itu datang karena jadwal pengiriman di toko elektronik itu sangat padat. katanya papa orang yang mau pasang AC juga antri, jadi klo mau pasang gratis ya nunggu bisa 1 minggu lebih, dan klo mau cepat akan dicarikan teknisi freelance tapi bayar.
Papa nya anak-anak setuju yang pilihan kedua.

Sehari kemudian siang hari sebelum dhuhur teknisi freelance itu datang sendirian, setelah cek sana sini. karena calon lokasi pasang AC nya ini tidak strategis maka dia mau di carikan tukang untuk membobol tembok. aku menyetujui akan mencarikan tukang siang itu, supaya mereka bisa ketemu dulu dan diskusi dulu tentang apa yang harus dilakukan, jadi besoknya tinggal pasang AC nya. kemudian teknisi AC itu pamit mau makan siang. sedangkan aku mondar mandir cari tukang dan akhirnya dapat…tapi justru teknisi nya itu yang ditunggu sampe sore dan sampe magrib pun tak tampa batang hidungnya…ckckck sangat mengecewakan…

Besoknya aku cari sendiri di internet tempat servis ac di jogja…begitu dapet langsung ku telpon, besoknya teknisinya datang dua orang. trus tukangnya juga datang. ketemu lah mereka, membicarakan rencana kerja:)..saat pak tukang sedang mengerjakan pekerjaannya membobol dinding untuk menanam pipa, para teknisi tersebut pamit pergi juga…tapi yang ini balik kok… setelah pak tukangnya selesai membobol tembok dan bahkan sudah pulang, kedua teknisi itu datang lagi dan memasang AC sampai hampir magrib baru selesai. keesokan paginya bapak tukang datang untuk mengubur pipa dengan semen.

sudah deh akhirnya beres juga acara pasang ACnya….trus selanjutnya gimana???

Yah rumahku jadi sueejuk, klo siang didalam rumah ga panas lagi, tapi klo di luar rumah yang biasa terasa semilir jadi malah terasa panas gara-gara kulit sudah beradaptasi dengan udara AC.

Oh ya ada untungnya rumah ini desainnya super simple…sehingga walaupun pasang ACnya di ruang utama tapi kedua kamar tidur juga terasa dingin (ukuranku) klo pintu kamarnya dibuka.

…dan tagihan listriknya??? naik sekitar 2 kali lipat nya🙂 sebelum pake AC tagihannya antara 100 ribu-an setelah pake AC jadi 200ribu-an…oh ya Pas browsing di internet sempat dibilang ukuran daya 1300 w ga cukup untuk AC 1 pk padahal aku pinginnya yang 1 pk karena ruangannya ukuran 3,5 x 5 dari pada ambil 1/2 pk trus ternyata ga dingin kan ga bisa ditukar, rencananya nanti klo ternyata listriknya ga cukup tinggal tambah daya aja….tapi ternyata sejauh ini semuanya aman terkendali, AC bisa nyala dan alat rumah tangga lainnya tetap bisa nyala, pokoke aktivitas rumah tanggaku yang mungil ini tidak terganggu sama sekali: kulkas nancap terus, magic jar nyala terus, dispenser untuk air panas, kadang mesin cuci dan pompa air nyala bersamaan juga ga bermasalah.

Jadi? yuk menanam pohon! dont say lhoh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: