Sayur Asem Bening

Ini salah satu resep masakan yang praktis banget, cocok untuk yang gak punya banyak waktu atau pas lagi M alias males, tapi mau makan di luar repot sama buntut (anak) dan mau pesan antar dah keburu laper …
Sebenarnya sayur asem bening seperti ini adalah masakan sayur asem yang biasa dimasak sehari-hari di kampung halamanku. Tapi ketika aku sudah pindah di kota ini, aku belum ketemu sayur asem seperti itu disini (kecuali aku masak sendiri). Disini yang sering kutemui adalah jenis sayur asem komplit yang bumbunya ditambah kemiri, terasi, cabe merah, daun salam dan kadang ditambah daging tetelan.
Baik sayur asem yang komplit maupun yang bening menurutku sama enaknya, masing-masing punya cita rasa sendiri. Kadang aku juga memasak sayur asem yang komplit, tapi paling sering yaa masak yang sayur asem bening ini, karena lebih simpel dan praktis.

Sayur Asem Bening

Bahan-bahan:
Ada banyak sekali sayuran yang bisa dibikin sayur asem, misalnya kacang panjang, labu siam, krai, kecipir, daun melinjo, daun lembayung, kangkung, jagung muda, kecambah kedelai, kacang tanah, kol, wortel, tomat, dll …
(tidak perlu ada semua, bebas aja dipilih beberapa sayuran yang disukai atau lihat di kulkas ada stok sayuran apa)

Bumbu:
bawang merah 5 butir dirajang
bawang putih 2 butir dirajang
asam jawa seruas ibu jari (paling sip klo pake buah asam segar, atau bisa pake belimbing wuluh, buah cermai, dll)
lengkuas kira 2 cm dimemarkan
gula secukupnya
garam secukupnya
boleh ditambah penyedap rasa bila suka (saya tidak pakai)
air 1 liter

cara memasak:
1. Sayuran dipotong-potong
2. Didihkan air, klo sudah mendidih masukkan bumbu-bumbu dan sayuran, tunggu sampai sayuran empuk (tapi jangan kelamaan ya, supaya kandungan gizinya gak banyak yang hilang)
3. Angkat dan siap disajikan🙂

NB: jodoh banget klo dipasangkan dengan botok, sambel trasi, ikan asin, atau tempe goreng anget. hmm…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: