Membuat Print Screen di Mac

Sedari awal mengenal internet, aku tidak punya seorang trainer yang mengajari, step by step aku belajar sendiri, mencari petunjuk lewat google, dan praktek sendiri. Alhamdulillah bisa…
Tak bisa dipungkiri aku ini memang telaten, dan sabar…🙂 (memuji diri sendiri, boleh lah)
Tapi aku ini pelupa, walaupun sudah pernah bikin, trus bikin lagi yaaa harus mulai dari step awal lagi… nyari petunjuk di google lagi, trus praktek lagi…
yah cape’ deh… karena artikel di google kan banyak…jadi pasti makan waktu.
Nah dari situ mulai sekarang klo aku habis mengerjakan “sesuatu”, aku akan dokumentasikan disini, supaya aku lebih ingat, klo lupa gampang nyarinya, dan siapa tau bisa berguna untuk yang lain.

Tapi perlu dicatat disini, bahwa aku bukan ahlinya, aku ini cuma ibu rumah tangga biasa…

Pertama-tama, karena aku mau merekam sesuatu yang ada di dunia internet, maka aku harus bisa memotret tampilan layar bahasa kerennya print screen atau screen capture
Berhubung aku pakenya Mac, ya tulisan ini adalah tentang bikin print screen di Mac.

Ada beberapa tipe print screen yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Print screen keseluruhan layar
Pastikan kondisi layar yang terlihat sekarang sudah sesuai dengan yang ingin di print screen.
Tekan tombol ⌘ + Shift + 3 kemudian lepas lagi semua.
Sudah, hasil print screen sudah bisa dilihat di desktop.
contohnya:

2. Print screen sebagian wilayah tertentu pada layar
Pastikan kondisi layar yang terlihat sekarang sudah sesuai dengan yang ingin di print screen.
Tekan tombol ⌘ + Shift + 4 kemudian lepas lagi semua.
Kursor pada mouse akan berubah menjadi +.
Buat kotak yang menandakan area yang akan di print screen. caranya: klik dan tahan mulai dari sudut kiri atas kotak yang kita buat kemudian lepas di sudut kanan bawah kotak tersebut. (drag bagian yang ingin di print screen)
Hasilnya sudah disimpan di desktop dalam bentuk foto.
contohnya:

3. Print screen salah satu window atau jendela aplikasi saja
Pastikan kondisi layar yang terlihat sekarang sudah sesuai dengan yang ingin di print screen.
Tekan bersamaan tombol ⌘ + Shift + 4 kemudian lepas lagi semua.
Kursor pada mouse berubah menjadi +
Klik tombol spasi pada keyboard.
Kursor pada mouse sekarang berubah menjadi gambar kamera.
Klik pada jendela aplikasi yang ingin Anda print screen.
Hasilnya bisa sudah bisa dilihat di desktop.
contohnya:

nah, selesai deh… mudah kan? selamat berkreasi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: